Dwi Eko Susilowati

Dwi Eko Susilowati lahir di Jakarta tanggal 16 November 1964. Anak ke dua dari tiga bersaudara.. Memiliki enam orang anak, tiga putra dan tiga putri, buah perni...

Selengkapnya
Navigasi Web

Webinar Internet Pendidikan Jabodetabek 1

REPORTASE

WEBINAR INTERNET PENDIDIKAN JABODETABEK 1

Saat wabah Covid-19 terjadi, istilah Webinar menjadi semakin sering di dengar. Baik di instansi pendidikan maupun di instansi lainnya. Webinar adalah Web Seminar yaitu seminar yang dilakukan melalui situs Web atau aplikasi berbasis internet. Kegiatan Webinar di saat wabah, menjadi lebih efektif karena tidak langsung bertatap muka.

Webinar yang diselenggarakan oleh Mediaguru, memberikan semangat baru bagi guru-guru se Indonesia. Sehingga kegiatan ini selalu penuh karena diserbu oleh guru-guru yang ingin berkembang. Awalnya saya berpikir Webinar yang diselenggarakan Mediaguru, sesuai daerahnya masing-masing. Ternyata saat Webinar Jabodetabek 1 pesertanya ada juga dari daerah Karawang Jawa Barat. Ini berarti kesempatan untuk mengikuti Webinar di wilayah lain semakin terbuka.

Webinar Jabodetabek 1 mengambil tema Internet Pendidikan, sesuai dengan kondisi pendidikan di saat pandemi Covid-19. Saat ini, penggunaan internet sangat diwajibkan dalam dunia pendidikan. Agar pendidikan tidak terhenti karena pandemi. Untuk itu, guru wajib bisa melakukan dan menggunakan aplikasi yang ada.

Webinar Jabodetabek 1 dilaksanakan tanggal 2 Juni 2020 pukul 09.00 sampai pukul 11.30. Kegiatan dibuka oleh pak Ihsan selaku CEO Mediaguru. Dalam sambutannya disampaikan bahwa Mediaguru sudah melaksanakan 6 kegiatan yaitu Sagusabu, Mengubah KTI menjadi Buku, Pelatihan Best Practise, Menyusun PTK dan PTS, Sasisabu dan Webinar.

Sambutan kedua oleh Ibu Eva sebagai perwakilan dari Indosat yang sudah bekerjasama dengan Mediaguru. Indosat sangat memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh Mediaguru khususnya Webinar ini.

Selanjutnya Bapak Salim Ketua LPMP DKI Jakarta dalam sambutannya mengatakan bahwa penggunaan internet ini lebih efesian, terutama saat pandemi Covid-19. Akan tetapi, peran guru tetap tidak dapat tergantikan. Selain itu, beliau juga mengajak para guru menulis buku untuk mengisi Jurnal LPMP

Ada beberapa narasumber yang memberikan pengalaman nyata dalam kegiatan pembelajaran. Bapak Haryanto.S.Kom.,M.Si. beliau bertugas sebagai Pengembang Tekhnologi Pembelajaran (PTP) LPMP DKI Jakarta. Beliau mengatakan bahwa penggunaan internet tetap memerlukan kreativitas. Tanpa kreativitas, belajar akan menkadi sangat membosankan sehingga terjadi kejenuhan.

Ibu Valeria Sonata,S.Si. guru Kimia dari SMA Ichtus Jakarta, yang menyampaikan Aplikasi VR dalam pembelajaran Kimia. Penggunaan aplikasi VR dilakukan agar siswa tidak jenuh dalam belajar.apalagi saat sekarang ini.

Ibu Tuti Agiawati,S.Pd.,MM. Kepala Sekolah SDN 03 Kampung Rambutan Jakarta. Beliau menyampaikan pengalaman belajarnya dengan Aplikasi GSE dan mendapat respon luar biasa dari siswa. Aplikasi GSE atau Google Suit for Education.

Narasumber terakhir adalah bapak Dr. Asep Sutisna guru SD Negeri 03 Klender Jakarta Timur. Dalam pemaparannya tentang Hypnoteaching daring yang dapat membangkitkan semangat siswa dalam belajar. Inti dari Hiphnoteaching adalah punya niat yang kuat, dengan memberikan kata-kata positif. Kata-kata itu diterima alam bawah sadar sehingga karakter dan percaya diri siswa kuat.

Setelah narasumber memaparkan pengalamannya, dilanjutkan dengan testimony dari beberapa guru. Beberapa guru menceritakan keberhasilannya membuat buku dari Karya Ilmiahnya. Sungguh merupakan suatu kebanggaan bisa menghasilkan karya. Sesuai kalimat yang selalu didengungkan bapak Anis Baswedan selagi menjabat sebagai Mentri Pendidikan. Guru Mulia Karena Karya.

Kegiatan Webinar Jabodetabek 1 dapat dilipat pada youtube

https://youtu.be/eknwC7E07KO

Jakarta, 4 Juni 2020, 01.09 wib

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren reportasenya...

27 Jun
Balas

keren Bu

04 Jun
Balas

Mantap Bu Dwi Eko. Terima kasih telah berkunjung ke supraptobio.gurusiana.id.

30 Jun
Balas

Mantap bu, sukses selalu.. Salam literasi

04 Jun
Balas

Terima kasih Bu...

04 Jun

Sukses bu

04 Jun
Balas

Terima kasih bu

04 Jun



search

New Post